Like on Facebook

header ads

Rapat SIGOM DONJA 2014: Membahas Terkait GAM


PENA News | Ini sedikit tentang jawaban bahwa GAM (Gerakan Aceh Merdeka) belum bubar dan tidak ada yang namanya Mantan GAM. Yang ada adalah Mantan Kombatan GAM, karena ini sesuai dengan Perjanjian pada MoU Hensinki yang telah disepakati bersama dengan RI.

Tapi kita perhatikan di media-media online ataupun media cetak selalu tertulis Mantan GAM. Ini sebuah kalimat yang bisa menghapuskan nama GAM di bumi ACEH

PA (Partai Aceh) adalah Partai Lokal sama dengan PDA (Partai Damai Aceh) dan PNA (Partai Nasional Aceh). Karena itu adalah amanah MoU Helsinki tentang Parlok (Partai Lokal) sehingga Partai Aceh (PA) tidak ada istimewanya dengan Parlok lainnya.

KPA (Komite Peralihan Aceh) itu bukan organisasi atau sejenis itu. KPA hanyalah sebuah wadah yang dibuat oleh GAM. Tujuan pembuatannya adalah untuk merehabilitasi eks kombatan GAM agar mereka bisa kembali ke masyarakat.

Wadah itu dibuat, disebabkan inisiatif GAM, agar kawan-kawan yang baru keluar dari hutan tidak gentayangan. Jadi dibuatlah wadah itu untuk PÖNG sementara para eks kombatan GAM. Setelah mereka bisa mandiri maka KPA itu tidak diperlukan lagi, mungkin sampai sekarang masih banyak yang belum berhasil “direhab”. Jadi tidak heran kenapa KPA itu masih ada wujudnya.

GAM yang bertanggungjawab atas Nota Kesepahaman (MoU) Helsinki masih ada wujud. Pada dasarnya PA, KPA tidak ada urusan dengan GAM. "GAM Independen Sendiri", KPA itu sudah diatur dalam UUPA. Jadi GAM tidak boleh ikut campur, kecuali disaat hak-hak para eks kombatan ini tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan. Sama juga dengan yang lain-lainnya, seperti UUPA dan isi MoU yang tidak direalisasikan sesuai dengan yang telah disepakati maka GAM yang berhak untuk bicara dengan wakil- wakil Indonesia dan International.

Seharusnya keterangan seperti ini Tengku Malik Mahmud dan Elit-Elit GAM yang menjelaskan kepada rakyat, bukan kita yang jauh disini (luar nanggroe-red). Tapi tidak apalah, mungkin dari penjelasan ini bisa merubah sedikit pandangan saudara-saudara yang ragu tentang apa itu PA, KPA, PNA, PDA, dan apa itu GAM?

Itulah sedikit penjelasan tentang pertanyaan GAM. Semoga anda puas. Kalau ada yang tidak puas, Insya Allah kita akan mengadakan Rapat SIGOM DONJA dalam waktu dekat ini (2014). Silahkan daftarkan nama anda biar kita debat apa yang anda tidak puas. (SUMBER:www.achehscandinavia.com

SIAPA BILANG GAM SUDAH BUBAR 

GAM Bukan Mantan yang Terjawab
oleh Johan Makmor Habib






















.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. اَلْحَمْدُلِلّهِ رَبّ الْعَالَمِيْ
    Saya setuju dengan apa Ɣªήƍ baru disamapaikan, GAM BELUM BUBAR, KPK Bukan Organisasi, PA dan PNA,PDA tidak ada Istimewanya mereka hanya Parlok. Itu juga dapat dilihat dan anda buka saja Buku MoU saya sudah mempelajarinya, siapa tau saya silap boleh kita konfirmasi Ulang, cuma saya sangat berharap GAM agar dapat hadir ditengah hiruk pikuk masyarakat aceh sekarang ini, jika tetangga jiran kita Malek Mahmud tidak mau menjelaskan, atau saudara kita Zaini tidak ikut memberi pengertian Ɣªήƍ benar kepada rakyat aceh, saya rasa Mereka ada benarnya karena mereka sekarang bukan lagi berstatus GAM tp Pemerintah atau Anggota Partai saja. Jd boleh kiranya GAM harus cepat terlibat karena jika terlambat saya pastikan saja selaku saya masih berfikir politik masih kelas bawah sekali belum seberapa bila dibandingkan bahwa aceh akan mengalami masa masa konflik kembali Ɣªήƍ pelan pelan akan terjadi perpecahan apalagi sampai kalau Martabat aceh ternodai oleh kaum2 Pang tibang.

    BalasHapus
  2. Kalau belum semua yang telah disepakati di dalam MoU Helsinki, didalam perundingan antara RI dan GAM, bagaimana mungkin GAM bisa dikatakan bubar,... jika isi MoU yang tidak direalisasikan sesuai dengan yang telah disepakati maka GAM yang berhak untuk bicara dengan wakil- wakil Indonesia dan International.

    BalasHapus
  3. (Azhar.A.Ma,feri asnofi) saya setuju dengan anda berdua ,

    BalasHapus
  4. Berjuang jangan seperti yang sudah ada.
    kalau masyarakat aceh kebal hukum
    pasti semua pejabat yang di bencinya akan di hukum
    tidak seperti yang di janjikan...ingat janji2 mereka yang sekrang dalam pemerintahan.???????
    PUAAAAAS Atau TiDaaaaak ????

    BalasHapus