Like on Facebook

header ads

Menerobos White House Wali


Wali Nanggroe... Isu yang sangat seksi di Aceh. Rabu 23 Oktober 2013, saya dan rekan Ibal menyempatkan diri ke Istana Wali Nanggroe di Lampeuneurut, Aceh Besar.  Kami ingin melihat-lihat arsitektur rumah yang sekilas mirip White House di Amerika Serikat.

Beredar kabar sebelumnya, bahwa harga pengadaan Kompleks Meuligoe untuk Malek Mahmud itu menyerap Anggaran Pendapatan Belanja Aceh 2013 sebesar Rp 35 M, lebih mahal dari rumah aktor top dunia Tom Cruise yang hanya Rp 33 M atau setara 3,5 juta USD.

Awal bulan ini, usulan biaya pengukuhan Wali Nanggroe sebesar Rp 50 M oleh DPRA juga meledakkan hati kecil masyarakat Aceh. Lantas dikurangi jadi Rp 2,5 M. Namun masih terlalu gemuk bila dibandingkan dengan biaya pelantikan Presiden SBY yang hanya 300 juta dan pelantikan Jokowi hanya 800 juta.

Harga foya-foya dalam menghias kediaman orang yang masih diperdebatkan posisinya itu bikin saya penasaran; bagaimana sih bentuk White House-nya Wali Nanggroe?

Dari Jalan Soekarno Hatta Lampeuneureut, kami masuk lewat Poltekkes Kemenkes RI Aceh. Dari kampus itu, kami bisa mengambil view belakang, dengan sedikit merangsek ke utara.

Merasa kurang puas sebab tak bisa masuk, kami mutar lagi. Saya sempat memotret dari pagar dekat jalan negara sebelum menerobos gerbang utama. Saat membidik gedung dalam area seluas 12 hektare itu, pria kecil berkulit coklat dan berkumis melambai ke arah saya. Dia mendekat.

“Mau apa?”

“Ambil foto bangunan ini untuk lomba foto arsitektur, Bang,” alasan saya.

“Tidak boleh, harus izin dulu sama orang kantor.”

“Begitu ya?”

“Mereka sudah pulang, besok aja datang lagi mulai jam 10 pagi.”

“Okeh, terimakasih.”

“Tolong dihapus foto yang diambil tadi,” desaknya.

Kami cuma mengangguk. Pelan-pelan meninggalkan tempat itu, seiring azan Magrib menggema. Haha, tampaknya sengaja dibangun tempat tinggal dulu, biar memuluskan syarat pengukuhannya. Sayang kan kalau tak jadi, sebab istananya sudah berdiri.

SUMBER: www.makmurdimila.wordpress.com

Posting Komentar

0 Komentar