Like on Facebook

header ads

4 Desember 2013, Sebuah Harapan di Pengasingan


PENA News | Hidup dipengasingan tidak terasa hari terus berlalu, bulanpun terus berganti di kalender hingga menuggu TIME, detik-detik 4 Desember 2013 hari yang bersejarah bagi Bansa Acheh. Dimana 4 Desember adalah hari yang diisi dengan kenangan air mata ataupun pengorbanan oleh seluruh Bansa Acheh.

Alm. Tuengku Muhammad Hasan Tiro memproklamasi Gerakan Acheh Merdeka (GAM) pada tanggal 4 Desember 1976. Diantara tujuannya adalah kemerdekaan penuh Acheh dari Indonesia. Memilih kemerdekaan sebagai salah satu tujuan GAM dan Rakyat Acheh, bukan Otonomi Khusus. Karenakan fokus pada sejarah Acheh yang sebelumnya, pada masa Kolonial Belanda, Acheh sebagai sebuah Negara Merdeka.

Setelah Nota kesepahaman damai RI dan GAM terjadi. Tanggal 4 Desember seolah-oleh bukan lagi hari yang begitu bersejarah untuk Acheh oleh orang-orang yang dianggap penting di Acheh untuk merayakan hari tersebut. Padahal 4 Desember hari yang menyimpan beribu-ribu kenangan, pengorbanan, air mata dan segala-galanya.

Hari 4 Desember begitu membara bagi mantan TNA ataupun GAM dan Masyarakat Acheh untuk merayakan hari kebanggaan mereka. Tapi, dikarenakan mereka menghormati para pertinggi-tinggi negara dan perdamaian RI dan GAM hingga menunggu perintah atasan untuk melaksanakan 4 Desember.

Nah, yang anehnya petinggi-petinggi itu juga jarang memberi perintah ataupun peneutoh yang menyenangkan semua pihak untuk merayakan 4 Desember dengan cara yang sama seperti 17 Agustus untuk diperlihatkan kepada generasi yang akan datang. Dimana 4 Desember akan dirayakan diseluruh sekolah-sekolah dan akan dihiasi diseluruh kota-kota supaya mereka tahu 4 Desember itu adalah hari yang telah terlukis dibenak endatu mereka nanti.

Perdamaian bukan untuk berhenti dalam perjalan menuju pada tujuan “Parlok”, tapi perdamaian itu untuk merangkul kekuatan untuk terus berjalan sampai “Terminal Akhir”. Kita sangat berharap kepada orang-orang yang dianggap penting di Acheh untuk selalu memberi perhatian pada hari-hari kebesaran yang bersejarah di Acheh untuk dirayakan sesuai dengan adat dan reusam ataupun kondisi Acheh.

Saleum 4 Desember 2013
Wareeh Al-Asyi
Kita Kuat Karena Kita Bersama-Sama





Posting Komentar

3 Komentar

  1. Insya Allah Tanyoe akan adakan samadiah dan untuk pahlawan yang syahid dengan diawali pengibaran bendera .

    BalasHapus