Like on Facebook

header ads

Dharmayukti Karini Laksana Bunga Teratai

Ketua Pengadilan Negeri Langsa, Efendi Rangkayo Basa, SH ketika melantik Pengurus Cabang Dharmayukti Karini Kota Langsa periode 2013-2015 di Aula Pengadilan setempat, Jum’at (14/6/2013). Photo: Putra Zulfirman

PENA News | Dharmayukti Karini adalah organisasi para istri hakim di lingkungan Mahkamah Agung yang didalamnya terdiri dari Pengadilan Tinggi/Negeri, Pengadilan Agama atau Mahkamah Syariah (di Aceh-red) dan Mahkamah Militer. Organisasi ini harus senantiasa berada pada posisi di atas dalam segala situasi dan kondisi. Hal ini, sesuai dengan lambangnya yaitu bunga teratai. Demikian dikatakan, Ketua Pengadilan Negeri Langsa, Efendi Rangkayo Basa, SH dalam sambutannya ketika melantik Pengurus Cabang Dharmayukti Karini Kota Langsa periode 2013-2015 di Aula Pengadilan setempat, Jum’at (14/6/2013).

Lebih lanjut disampaikannya, Dharmayukti Karini menjadi pendamping para hakim dalam melaksanakan tugasnya sebagai penegak hukum. Tugas berat tersebut, tidak akan terwujud jika tidak diberikan dukungan oleh para istri yang setia memberi mensupport. Selain itu, kata Efendi, ada tugas lain yang diemban Dharmayukti Karini yaitu merupakan bagian terpenting dalam mewujudkan misi Mahkamah Agung menuju badan peradilan yang agung.

“Peran para istri yang tergabung dalam Dharmayukti Karini sangat besar dalam menunjang pekerjaan suami yang notabonenya adalah hakim penegak hukum. Dharmayukti laksana teratai yang senantiasa berada di atas air. Meski air terpusut pasang atau surut,” sebut Efendi, SH yang disambut riuh tepuk tangan para hadirin dan undangan yang hadir.

Berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Daerah Dharmayukti Karini Provinsi Aceh Nomor : S.KEP/02/PD.DYK.ACEH/III/2013 tertanggal 01 Mei 2013, susunan Pengurus Cabang Dharmayukti Karini Kota Langsa periode 2013-3105 terdiri dari  Sisra Yani Umar Efendi selaku Ketua, Hj. Anisah Fachruddin, S.Pd sebagai Wakil Ketua I dan Isni Alfiah, S.Ag sebagai Wakil Ketua II. Sementara untuk posisi Sekretaris adalah Hj. Farida Hanum Ribat, SH dan Bendahara, Fajria hadayati, SH serta dibantu beberapa seksi-seksi. Adapun Ketua Pengadilan Negeri Langsa dan Ketua Mahmakah Syari’ah Langsa masing-masing sebagai Pelindung I dan II. 

Dalam acara pelantikan tersebut, Pengurus Dharmayukti Karini juga memberikan bantuan beasiswa kepada delapan orang yang merupakan anak dari pegawai golongan II dan pegawai hoorer di lingkungan Pengadilan Negeri dan Mahkamah Syari’ah Kota Langsa. Besarnya beasiswa yang diberikan adalah Rp. 150 rb/orang.

Para penerima beasiswa antara lain, Amalia Safitri (kelas II SDN Langsa Lama), Reysha Aulia (kelas I MTsN Langsa), Azizah (mahasiswi Fakultas Hukum Unsam Langsa), Achmad Noorbert Syuhada (kelas III), Agil Muhawarah (kelas V SDN 2 Langsa), Arina Nurfaza (kelas II MIN Paya Bujuk), M. Agus Putra Phoenna (kelas IV), Faizal Azmir (kelas IV SDN 1 Mtg Seulimeng).

Ketua Dharmayuti Karini Kota Langsa, Sisrayani Umar Efendi kepada awak media usai menyerahkan bantuan beasiswa mengatakan, bantuan ini merupakan sumbangan dari ketua Pegadilan Negeri Langsa, Ketua Mahkamah Syari’ah Langsa serta masing-masing Panitera Sekretaris dikedua badan peradilan tersebut. “Semoga bantuan ini bermanfaat. Jangan liat jumlahnya melainkan lihatlah niat tulus serta rasa kepedulian,” ujar Sisrayani.

Saya akan melaksanakan tugas dan amanah organisasi secara baik dan benar. Karenanya, kami berharap semua pihak dapat memberikan dukungan dan saran yang konstruksif demi terselenggaranya berbagai program sosial nantinya. Demikian Sisrayani Umar Efendi. (Putra Zulfirman)

Posting Komentar

0 Komentar