Like on Facebook

header ads

BIREUEN: Warga Resah, Puluhan Monyet Gasak Tanaman

Monyet Ekor Panjang

PENA News | Warga Desa Cot Puuk, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, diresahkan dengan kemunculan puluhan monyet berekor panjang, yang menggasak kebun mereka. Tak hanya komoditi seperti kelapa yang dimakan, rumput gajah yang ditanami peternak juga nyaris ludes dimakan monyet.

Sekretaris Desa Cot Puuk, Ibrahim mengatakan, keberadaan monyet itu sudah ada sejak dua bulan terakhir. Lokasinya berdekatan dengan SPBU Simpang Leubu. Kendati berukuran kecil, monyet berekor panjang itu terlihat gesit dan lincah menaiki sejumlah batang kelapa milik warga hingga ke puncaknya.

"Jumlahnya kami perkirakan puluhan karena bisa beramai-ramai mereka di kebun, kadang-kadang sedikit pula," terang Ibrahim. Kendati belum jelas jenisnya, monyet-monyet ini meresahkan warga setempat karena mengganggu tanaman milik mereka.

Menurut Ibrahim, serangan monyet di kebun, karena habitatnya di dalam hutan terganggu oleh penebangan liar atau sebab lain. "Mungkin karena stok makanan di hutan sulit, makanya monyet-monyet ini turun," tambah Ibrahim.

Kendati demikian, warga tetap resah, mengingat bukan tidak mungkin kalau monyet itu bisa mengamuk dan menyebabkan jatuh korban. Komoditi kelapa menjadi makanan favorit mereka sehari-hari. Tak jarang warga melintas melihat banyak monyet berada di atas batang pohon.

Tidak hanya kelapa, rumput gajah yang ditanami khusus untuk pakan ternak juga dimakan oleh monyet-monyet liar itu. Warga berharap secepatnya persoalan ini ditangani oleh pihak terkait.

SUMBER: KOMPASdotCOM

Posting Komentar

1 Komentar

  1. http://2.bp.blogspot.com/--SrHrR0ZGPs/ULmxJByy6FI/AAAAAAAAAVg/9ok1wEsFTSg/s1600/org.PENA.JPG

    BalasHapus